Annual Report 2022

85 Annual Report 2022 Laporan Tahunan PT WASKITA BETON PRECAST TBK Rebuilding Strength and Sustainability Membangun Kekuatan dan Keberlanjutan • Key Account BUMN & Swasta: Berfungsi untuk melakukan analisa dan menyusun pipeline pelanggan di sektor BUMN & Swasta baik yang sudah menjadi target dalam RKAP 2023 maupun sebagai tambahan informasi potensi proyek lainnya. • Key Account Internal Waskita Grup: Sinergitas antara induk, unit bisnis induk dan anak perusahan sehingga dapat terbentuk sebuah kolaborasi yang solid serta menjadi support system untuk turut mensukseskan pelaksanaan proyek di lingkungan Waskita Group. • Key Account Konsultan Konstruksi: Terjalinnya komunikasi horizontal dengan konsultan konstruksi sehingga mampu berperan secara aktif dalam perencanaan suatu proyek yang dibidik oleh perusahaan dalam pelaksanaan di setiap area penjualan dan konstruksi nantinya akan ada personil yang menjadi perwakilan dari pemasaran pusat yang disebut dengan Marketing Representative. • Marketing Representative berfungsi sebagai kepanjangan tangan key account pemasaran pusat pada daerah atau area penjualan yang akan disasar. • Marketing Representative akan berkolaborasi dengan Manager Area Penjualan, Manager Pemasaran Konstruksi dan Sales Engineer area penjualan dalam mendapatkan kontrak pada suatu proyek tertentu. Strategi jangka panjang merupakan sebuah strategi yang dirancang oleh WSBP dengan timeline selama lebih dari 1 tahun. Di mana strategi jangka panjang yang dimiliki oleh perusahaan meliputi: 1. R&D untuk Inovasi Massal Perlu dilakukan inovasi tidak hanya di produk baru, melainkan juga dalam kemampuan menjadikan produk baru tersebut menjadi semakin murah dan mudah diterapkan. 2. Edukasi Pasar & Konsultan Mendorong adopsi produk inovatif adalah kunci di kuadran ini. Harus ada upaya aktif untuk mensosialisasikan inovasi pasar seluas mungkin, terutama melalui konsultan proyek. 3. Mengembangkan Kapasitas Branding Untuk bisa mendorong adopsi inovasi baru secara massal, WSBP harus dikenal sebagai thought leader di industri. Diperlukan berbagai inisiatif B2B Branding, yang menyasar stakeholder utama. 4. Mengembangkan Kapabilitas Pasar Retail Diperlukan upaya intensif untuk membangun kapabilitas pasar retail. Dimulai dari business landscape mapping, penyusunan strategi positioning & differentiation, dan pengembangan rencana pemasaran yang taktis. Perencanaan taktis harus diturunkan spesifik ke area. • SOE & Private Key Account: Serves to analyze and compile customer pipelines in the SOE & Private sectors, both those that have become targets in the 2023 RKAP and as additional information on potential of other projects. • Waskita Group Internal Key Account: Synergy between the parent company, main business unit and subsidiary companies so that a solid collaboration can be formed and become a support system to contribute to the success of project implementation within Waskita Group environment. • Construction Consultant Key Account: Establishment of horizontal communication with construction consultants so that they are able to play an active role in planning a project targeted by the Company. In the implementation of each sales and construction area, there will be personnel who are representatives of central marketing called Marketing Representatives. • Marketing Representative functions as an extension of central marketing key account in the area or sales area that will be targeted. • Marketing Representative will collaborate with Sales Area Manager, Construction Marketing Manager and Sales Engineer in sales area in obtaining contract on a particular project. Long term strategy is a strategy prepared by WSBP with a timeline of more than 1 year. The Company’s long-term strategy includes: 1. R&D for Mass Innovation Innovation is required not only in new products, but also in the ability to make these new products cheaper and easier to apply. 2. Market Education & Consultants Driving the adoption of innovative products is key in this quadrant. There should be active efforts to socialize market innovations as widely as possible, especially through project consultants. 3. Develop Branding Capacity To be able to encourage mass adoption of new innovations, WSBP must be known as a thought leader in the industry. Various B2B Branding initiatives are needed, targeting key stakeholders. 4. Developing Retail Market Capabilities Intensive efforts are required to build retail market capability. Starting from the business landscape mapping, positioning & differentiation strategy preparation, and the development of tactical marketing plan. Tactical planning must be specifically translated to the area.

RkJQdWJsaXNoZXIy NTM2MDQ5